Rabu, 13 Mei 2015

TEMPAT WISATA DI BANDA ACEH



TEMPAT WISATA DI BANDA ACEH

Banda Aceh merupakan Ibu Kota dari Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam. Terletak di utara  bagian dari pulau Sumatera. Lebih dikenal sebagai Kota Rencong karena merupakan alat tradisonal jaman dulu yang paling dim kenal di Aceh.
Banda Aceh menjadi salah satu korban dari tsumani besar yang terjadi di Indonesia. Namun, lambat laut bisa kembali bangkit. Salah satu cara dalam kebangkitannya melalui pemasukan dari wisata. Berbicara wisata, Banda Aceh memiliki beberapa tempat wisata yang bagus untuk dikunjungi. Berikut beberapa tempat wisata yang ada di Banda Aceh :

1.      MUSEUM TSUNAMI

Sebagai salah satu korban Tsunami dahsyat yang terjadi pada tahun 2004 memberikan rasa duka yang mendalam bagi warganya. Pemerintah Daerah Banda Aceh membuat sebuah museum sebagai pengingat warganya yang selamat bahwa di Banda Aceh telah terjadi sebuah bencana dahsyat berupa Tsunami.
Tujuan lain dari di bangunya Museum Tsunami adalah sebagai sarana pendidikan dan sekaligus berjaga-jaga apabila terjadi tsunami lagi. Jadi di tempat ini akan di selnggarakna pendidikan pencegahan yang perlu dilakukan bila terjadi bencana alam tsunami.
Di dalam museum ini terdapat beberapa benda sisa korban bencana. Selain itu juga di pajang foto dari korban meninggal saat terjadi tsunami serta kesaksian dari warga yang selamat. 

PULAU RUBIAH

Tempat wisata yang diambil dari nama sebuah nisan yang berada di pulau tersebut ini berada di Sabang. Pulau Rubiah dikenal dengan keelokan alam di bawah laut. Ada belasan biota laut yang di lindungi oelh Indonesia terdapat di Pulau Rubiah ini. Wisatawan laut bisa melakukan kegiatan menyelam dan snorkeling di dasar laut dari Pulau Rubiah.

3.      PANTAI LAMPUUK

Pantai Lampuuk sering di kaitkan dengan pantai Kuta yang ada di pulau Bali. Begitu menkjubkannya pantai ini padahal berada di ujung Pulau Sumatera namun kurang begitu mendapat perhatian dari para wisatawan.  
Pasir pantai yang berwarna putih membentang dari selatan ke utara dengan panjang mencapai 5 km menjadi cirri khas dari Pantai Lampuuk. Selain itu juga terdapat tebing karang yang berada di ujung pantai. Dengan garis pantai yang begitu panjang bisa digunakan untuk bermain banan boat, berselancar, berenang maupun berjemur badan pun bisa di lakukan di Pantai Lampuuk ini.

4.      PANTAI LHOKNGA

Lokasi wisata Pantai Lhoknga tidak jauh dari Pantai Lampuuk. Jarak  Pantai Lhoknga dari Banda Aceh berkisar 20 km sehingga mudah di jangkau sebagai sarana liburan tiap harinya. Di pantai ini masih banyak terdapat pepohonan rindang yang bisa di gunakan untuk santai.
Dengan ketinggian ombak tidak lebih dari 2 meter, pantai ini biasa di gunakan buat olah raga selancar . di samping itu biasa juga di gunakan untuk berjemur di sepanjang Pantai Lhoknga ini.
Di lihat dari jaraknya yang tidak jauh dari kota maka di setiap sore hari begitu ramai yang berkunjung ke Pantai Lhoknga ini. Keindahan alam di waktu sore menjadi daya tarik apalagi di Pantai Lhoknga ini di jadikan tempat untuk melihat Sunset yang begitu indah.

5.      PANTAI ULEE LHEUE

Pantai  Ulee Lheue berada di Kecamatan Meuraxa dengan jarak dari kota Banda Aceh hanya 3 km saja.
Bagi para mancing mania bisa melukakan kunjungan wisata ke pantai ini. Karena begitu banyaknya ikan yang terdapat di pantai ini dan di lengkapi dengan fasilitas penyewaan perahu menjadikan pantai ini di kenal sebagi pantai pemancingan. Di samping bisa mancing juga dapat menikmati keindahan alam berupa barisan pegunungan di seberang Pantai.

Masih banyak lagi tempat wisata yang ada di Banda Aceh yang bisa di kunjungi. Uraian di atas baru sebagian kecil saja sebagai pilihan untuk berwisata ke Banda Aceh. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar