Rabu, 13 Mei 2015

objek wisata di Jawa Tengah



OBJEK WISATA DI JAWA TENGAH

Ada banyak kabupaten dan kota di Jawa Tengah sehingga apabila kita akan membicarakan tempat wisata di Jawa Tengah maka akan membutuhkan waktu yang cukup lama. Dibawah ini akan di 
paparkan beberapa tempat wisata yang ada di Jawa Tengah :

1.      DATARAN TINGGI DIENG

Terletak di kabupaten wonosobo, dengan suhu yang cukup dingin. Di dataran tinggi dieng ada ada beberapa tempat wisata yang cukup terkenal, diantaranya yaitu beberapa candi Hindu, Telaga Warna, Sumur Jalatunda, beberapa kawah dan yang paling di minati para wisatawan adalah Bukit Sikunir.

Akan di jelaskan sedikit tentang bukit sikunir yang begitu menarik. Di bukit Sikunir ini terdapat Golden Sun Rise dengan sangat menakjubkan. Lebih indah lagi apabila dilihat pada musim kemarau antara bulan Juli, Agustus dan September. Di bulan tersebut Golden Sun Rise Bukit Sikunir terlihat paling indah, tetapi tantangan bagi para wisatawan apabila mau berkunjung dibulan tersebut adalah suhu dingin yang kadang bisa mencapai minus 5 derajat Celsius.

2.      CANDI BOROBUDUR

Peninggalan nenek moyang di masa kerajaan Budha di Indonesia salah satunya adalah Candi Borobudur. Candi ini terletak di Kabupaten Magelang, dn merupakan salah satu dari 7 keajaiban di dunia.

Di bangunan Candi Borobudur ini terdapat 504 stupa Budha dan 146 relief dengan arti sejarah yang sanagt tinggi. Untuk menghargai ajaran Budha maka sbelem masuk ke lokasi Candi Borobudur akan di beri selendang batik untuk di pakai para wisatawan yang berkunjung. Selain itu terdapat banyak guide yang bisa menjelaskan setiap detail dari sejarah Candi Borobuduritu sendiri.

3.      LAWANG SEWU

Salag satu keindahan arsitektur dari peninggan masa penjajahan Belanda di Indonesia bisa di lihat Lawang sewu. Bangunan ini di bangun pada tahun 1904 oleh pemerintahan Belanda saat itu. Lawang Sewu sendiri terletak di Semarang. Tujuan awal Belanda mendirikan bangunan ini adalah untuk kantor pusat dari perusahaan kereta api.
Saat ini bangunan tersebut sudah beralih fungsi sebagai tempat wisata. Karena keuninakn dari bangunan ini menjadi daya tarik bagi para wisatawan, terlebih lagi yang begitu mencintai bangunan arsitek kuno. Lawang sewu bisa menjadi bahan untuk belajar bagi arsitek yang ingin mengetahui lebih detail tentang arsitek-arsitek jaman dulu.

4.      TAMAN NASIONAL KARIMUNJAWA

Karimunjawa merupakan cagar alam laut yang ada di kabupaten Jepara. Cagar alam Karimunjawa saat ini sudah di lindungi dan menjadi tempat wisata yang mempesona di Jawa Tengah.
Keindahan alam pesisir pantai di sepanjang Karimunjawa sangat menawan. Dengan garis pantai yang panjang dan juga pasir putih yang terhampar di sepanjang pantai sangat memukau untuk di lihat.

Taman Nasional Karimunjawa ini meiliki beberapa pulau kecil yang bisa menjadi tujuan destinasi wisata. Di tempat ini selain untuk melihat pemandangan alamnya juga bisa melakukan kegiatn-kegiatan lain dintaran bisa berjemur di pantai, memancing di laut, snorkeling dan juga bisa menyelam.

Untuk menikmati keindahan alam Taman nasional Karimunjawa tidak cukup dengan sehari saja. Biasanya para wisatawan yang berkunjung  akan menginap di beberapa tempat penginapan yang sudah ada di lokasi tersebut dan juga sudah banyak jasa tour and travel yang menyediakan paket untuk berlibur ke Taman Nasional Karimunjawa.

5.      KAMPUNG BATIK LAWEYAN

Kampung Batik Laweyan terletak di kota solo. Di kampung batik Laweyan akan terlihat suasana bangunan eropa., banyak terdapat bangunan-bangunan di kampung ini dengan gaya arsitek eropa.
Selain dengan arsitek khas eropa, yang paling di sukai di kampong ini adalah  terdapat berbagai macam corak  batik. Di sini bisasambil melihat cara pembuatan baik yang masih menggunakan tangan-tangan trampil dari warga sekitar.

6.      BATURADEN

Banyumas termasuk dalam wilayah Kota Purwokerto terdapat salah satu destinsai wisata yaitu Baturaden. Di baturaden ini bisa menimati keindahan alam karena terletak di selatan Gunung Selamet yang masih aktif sampai saat ini. Selain melihat pemandang ari baturaden juga  akan terlihat pulau nusakambangan cilacap, kota purwokerto dan panorama indah sepanjang pantai cilacap.

Di lokasi wisata Baturaden yang cukup terkenal dan banyak dikunjungi adalah pemandian air panas yang memiliki pancuran 7 yang cukup terkenal. Selain dari pemandian air panas, di Lokasi Baturaden juga terdapat tempat perkemahan baik untuk sekolah maupun tempat kemah keluarga. Dengan hutan alam yang masih hijau sangat cocok untuk di jadikan tempat perkemahan yang menyenggarkan.

Dari Uraian tempat wisata di atas sebenarnya masih begitu banyak lagoi tempat wisata yang ada di Jawa Tengah, mungkin ini baru sebagian kecil saja yang bisa di jadikan acuan sebagai tujuan berwisata di Jawa Tengah.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar