Rabu, 27 Mei 2015

Objek Wisata Banyuwangi

OBJEK WISATA BANYUWANGI
Kabupaten banyuwangi merupakan kabupaten yang berada paling timur diantara kabupaten/ kota di pulau jawa. Berbatasan langsung dengan selat Bali di bagian Timurnya sehingga memiliki garis pantai yang lumayan panjang.  Dengan garis pantai yang panjang tidak mengherankan Kabupaten Banyuwangi memiliki banyak objek wisata yang patut untuk di kunjungi.

Selain dari objek wisata pantai, tentunya di Kabupten Banyuwangi juga terdapat objek wisata yang lain. Beberapa objek wisata di Kabupaten Banyuwangi akan di uraiakan secara singkat seperti di bawah ini :

PANTAI PLENGKUNG

Sudah menjadi rahasia umum di dunia surfing internasional akan membicarakan pantai yang satu ini. Pantai Plengkung memang sudah sangat terkenal sebagai tempat surfing. Ketenaran ini bahkan sudah mencapai tingkat internasional. Tidak mengherankan apabila Pantai Plengkung begitu ramai bagi para penggemar surfing. Terlebih lagi apabila bulan mei hingga oktober, Pantai Plengkung akan banjir pengunjung. Di fase bulan tersebut para surfing akan berdatangan, baik surfing local maupun internasional yang begitu tertarik akan keindahan Pantai Plengkung ini.

Kabupaten Banyuwangi begitu bangga dengan adanya Pantai Plengkung. Dari Pantai Plengkung ini kabupaten menjadi dikenal di dunia sebagai Kabupaten yang memiliki pantai sebagai tempat surfing favorit.

PANTAI PULAU MERAH

Ada hal unik dari sebuah nama pantai ini. Konon nama Pulau Merah ini di karenakan di tempat ini kebanyakan tanahnya berwarna merah, sehingga dinamakan Pulau Merah. Pantai Pulau Merah ini berada tidak jauh dari pusat perkotaan  Banyuwangi , kurang lebih berjarak 80 km lebih tepatnya di desa Sumberagung Pesanggaran.

Pantai Pulau Merah akan menjadi ikon lain sebagai tempat surfing di Kabupaten Banyuwangi. Di mulai dari tahun 2013 yang sudah diadakan sebuah kejuaraan Internasional Surfing Competition, maka kedepannya Pantai Pulau Merah ini akan segera di kenal sebagai tempat surfing di Kabupaten Banyuwangi. Dengan gelombang air mencapai 4-5 m sangat sesuai untuk kegiatan surfing ini Pantai Pulau Merah ini.


TELUK HIJAU ( GREEN BAY )

Berada di dekat Taman Nasional Meru Betiri, sesuai sekali dinamakan sebagai teluk hijau. Apabila menyusuri setiap jalan di Teluk Hijau ini akan merasakan udara yang masih segar dari hasil bercampurnya udara pantai dan udara hutan hujan tropis. Untuk bisa masuk ke lokasi ini memang memerlukan waktu yang lumayan jauh sekitar 3 sampai 4 jam perjalanan. Namun, jangan risau karena di sela-sela perjalanan akan di suguhi pemandangan panorama laut yang menakjubkan.

Teluk Hijau yang berdekatan dengan tamn nasional ini masih jarang di kunjungi wisatawan sehingga lokasi wisata yang satu ini memang masih terjaga keasliannya .

AIR TERJUN LIDER
 

Air terjun di ketinggian 1.300 dpl ini  mempunyai pesona memikat bagi wisatawan. Di himpit oleh dua jurang sehingga membentuk aliran air setinggi 60 m menjadikan daya tarik lagi.
Berada tidak jauh dari pusat kota Banyuwangi, sekitar 45 km maka tidak heran menjadi pilihan pecinta alam untuk mengunjunginya.

KAWAH IJEN ( BLUE FIRE )

Derada di ketinggian 2.443 m dpl kawah ini termasuk di daerah dataran tinggi. Sebenarnya kawah ini berada di antara tiga kabupaten, yaitu kabupten Banyuwangi, kabupaten Bondowoso, kabupaten Situbondo. Kawah Iejn ini memiliki kedalam sampai 200 m dengan asap belerang yang memikat apalagi bila di lihat di malam hari sampai hampir subuh. Diantara rentang waktu tersebut akan terlihat pancaran hasil dari asap belerang berwarna blue fire.

PULAU TABUHAN

Dengan jarak dari pusat kota banyuwangi sekitar 20 km ini merupakan pulau tersendiri di Kabupaten Banyuwangi yang banyak di kunjungi.Di  Desa bangsring Wongsorejo itu Pulau Tabuhan berada.

Pulau Tabuhan merupakan tempat untuk diving dan scuba di kabupaten banyuwangi. Untuk dapat sampai ke tempat tujuan harus menyebrangi laut terlebih dahulu. Di sini sudah ada tempat penyewaan boat oleh para pengelola agar bisa sampai ke lokasi sekitar 30 menit dari Pt Perkebunan Nusantara XII maka akan sampai ke tempat yang di tuju yaitu Pulau Tabuhan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar