Senin, 01 Juni 2015

Wisata Alam Solo

           WISATA ALAM SOLO







Kota Solo yang berada di Provinsi Jawa Tengah meiliki banyak tempat destinasi wisata yang sangat bersejarah dan terkenal. Bangunan sejarah dari masa Kerajaan di Indonesia yang masih ada di Kota Solo adalah keraton.  Bukan hanya itu , yang akan di bahas di sini lebih mengedapankan wisata alam saja yang ada di Kota Solo. Beberapa tempat wisata tersebut adalah :

Pantai Sembukan

Pantai Sembukan sangat terkenal di daerah Karesidenan Surakarta di karenakan di Pantai Sembukan setiap tahunnya didakan sebuah ritual oleh Keraton Surakarta yang biasa di sebut dengan nama ritual Larung Ageng. Menurut cerita dari warga setempat , pantai sembukan memiliki cerita mistis yang di percaya oleh warga sebagai gerbang ke 13 Ratu Nyai Roro Kidul sebagai tempat pertemuan dengan Raja Pangkubuwono yang merupakan salah satu Raja di Kasunanan Surakarta. Dari kegiatan tiap tahun di pantai sembukan sehingga banyak para wisatawan yang datang naik untuk sekedar melihat acara maupun ingin mengetahui kegiatan lebih rinci dan juga menikmati keindahan pantai sembukan itu sendiri.

Gua  Gong

Gua Gong memilki hiasan pada dindingnya yang unik dan juga pada stalakmit dan stalaktitnya. Menurut cerita dari warga sekitar bahwa gua ini pada setiap hari jum’at terdengar sua gamelan seperti gamelan gong sehingga gua ini danamakan dengan Gua Gong. Di dalam Gua Gong terdpata 7 sumber mata air dan 12 ruangan sedangkan gua gong sendiri terletak bawah laut sekitar 256 meter.

Untuk dapat sampai ke Gua Gong bisa melalui jalan transportasi darat dari arah Punung – Pacitan memepuh jarak 7 km yang berada di arah tenggaranya Kota Solo sekitar 70 km.

Gua Kahyangan
 

Menurut sejarah dari warga sekitar bahwa gua kahyangan merupakan tempat semedi raja pertama kerajaan mataran islam yaitu raja Danang Suto Wijoyo. Dan diatas puncah Gua Kahyangan di jadikan tempat pertemuan Raja Danang Suto Wijoyo dengan Ratu Nyai Roro Kidul. Terlepas dari sejarah yang di percayai oleh warga tersebut masih ada hal lain bagi masayrakat yang masih percaya akan takhayul. Yaitu apabila mau berkunjung ke Gua Kahyangan di larang memakai pakaian yang berwarna hijau.

Gua ini akan ramai sekali ketika malam pergantian tahun baru kalender jawa yang biasa di sebut malam 1 suro. Kebanyakan yang datang ke Gua Kahyangan berasal dari luar Kota Solo yang akan melakukan kegiatan tirakat setiap tahunnya di Gua Kahyangan ini. Sedangkan untuk hari yang lain , biasanya akan diadakan syukuran yang dilakukan oleh warga yang berhasil dalam berkarir dengan menggundang warga sekitar kahyangan yang di lakukan pada setiap malam jum’at kliwon tiap bulannya.

Wisata alam Gua Kahyangan masih di kenal sebagai tempat mistis bagi warga sekitar dan juga dari luar kota yang masih percaya akan hal-hal mistis.

Grojokan Sewu Tawangmangu
 

Grojokan sewu Tawang mangu sudah sangat terkenal bagi masyarakat Kota Solo dan sekitarnya. Grojokan ini terletak di daerah Tawangmangu Karang anyar dengan ketinggan mencapai 1.100 meter dpl . grojokan Sewu ini merupakan air terjun yang deras dengan ketinggian air mencapai 81 meter dan berlokasi di tengah-tengah  hutan lindung yang terdapat berbagai macam jenis hewan yang sudah jinak. Dengan lokasi yang berada di tengah hutan tentunya sangat memberikan suasana menjadi lebih segar di tambah lagi dengan panorama alam yang terdapat di Grojokan Sewu sendiri yang sangat indah. Hal ini sangat memanjakan bagi para wisatawan yang berkunjung ke lokasi wisata ini.

Uraian di atas merupakan beberapa contoh tempat wisata alam yang terdapat di kota solo dan sekitarnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar