Sabtu, 20 Juni 2015

OBJEK WISATA DI SURABAYA



         OBJEK WISATA DI SURABAYA




Surabaya merupakan kota teramai ke dua yang ada di Indonesia. Sebagai ibu kota dari Provinsi Jawa Timur tidaklah heran apabila menjadi kota yang padat dan ramai. Sebutan lain dari kota Surabaya adalah sebagai Kota Pahlawan dengan nilai histori yang sangat tinggi. Saat ini Kota Surabaya sudah menjadi kota bisnis dan juga sebata kota pendidikan.

Tanpa menghirauan ketenaran dari Kota Surabaya, ternyata ada beberapa tempat wisata yang cukup terkenal di Kota Pahlawan ini. Diantara tempat wisata itu adalah :

1.      TUGU PAHLAWAN

Untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah gugur di medan perang saat melawan penjajah Belanda maka Pemerintah Kota Surabaya mendirikan sebuah tugu. Dengan arsitektur menyerupai paku terbalik, tugu ini dibangun di atas lahan seluas satu hektar.  Diatas tanah seluas satu hektar itu di bangun sebuah tugu, sedangkan di bawah tanahnya di bangun sebuah museum yang isinya foto-foto dokumentasi.Lokasi Tugu Pahlawan itu sendiri berada di Jalan Pahlawan, dan merupakan tugu yang paling terkenal di Kota Surabaya. 

2.      PANTAI KENJERAN

Pantai Kenjeran merupakan tempat wisata keluarga. Di sekeliling pantai ini masih banyak terlihat pohon rindang yang bisa digunakan untuk berteduh dari sinaran matahari. Kebanyakan keluarga yang berwisata di pantai ini membawa tikar sendiri untuk duduk-dudk lesehan bersama ana-anak dan sanak family yang lainya. Di Pantai Kenjeran ini juga terdapat tempat bermain bagi anak-anak sehingga tidaklah heran bila pantai ini disebut sebagai tempat wisata keluarga.

3.      CIPUTRA WATERPARK

Ciputra Waterpark terdapat di Surabaya Barat. Sebagai tempat wisata buatan, Ciputra Waterpark tergolong mewah dengan lokasi seluas 5 hektar. Ciputra Waterpark masuk kedalam wisata air terbesar yang ada di Kota Surabaya. Ciputra Waterpark ini mengambil dari sebuah dongeng petualangan Sinbad yang banyak di sukai anak-anak. Kedalaman dari tempat ini , yang paling dalam Cuma satu meter sehingga tidak membahayakan anak-anak apalagi yang belum bisa berenang. Tujuan dari di bangunganya Ciputra Waterpark  bukan untuk renang tetapi sebagai wahana tempat bermain air bagi anak-anak.

4.      JEMBATAN SURAMADU

Jembatan Suramadu  di bangun di atas selat madura dengan panjang 5.500 meter sehinga menjadikan jembatan terpanjang yang ada di Indonesia. Walaupun  pada masa pembangunan sempat tertunda akhirnya jembatan terpanjang ini selesai juga. Tujuan awal di bangun Jembatan Suramadu adalah untuk mempercepat pembangunan di Pulau Madura, karena Jembatan ini menghubungkan antara Kota Surabaya dan Pulau Madura, sehingga dinamakan Jembatan Suramadu.

Untuk saat ini sudah tidak lagi menjadi sekedar jembatan penghubung, tetapi sudah menjadi tempat wisata tambahan buat Kota Surabaya.

5.      WISATA HUTAN MANGROVE

Hutan Mangrove ini terletak di Wonorejo Surabaya. Lokasi Hutan Magrove ini tidak jauh dari Bandara Juanda Surabaya sehingga termasuk jauh dari pusat keramaian Kota Surabaya. Wisata Hutan Mangrove sangat di sukai wisatawan yang ingin menikmati ketenangan setelah selalu beraktifitas di keramaian perkotaan. Dengan hutan yang begitu hijau maka Wisata Hutan Mangrove menjadi wisata alam yang favorit di Surabaya.

6.      TAMAN BUNGKUL

Taman bungkul terletak di Kota Surabaya yaitu di Jalan Raya Darmo. Di taman ini terdapat berbagi macam wahana bermain bagi anak-anak maupun remaja. Taman Bungkul bisa di gunakan untuk bermain skateboard, jogging track, amfiteater dan kegiatan-kegiatan lainnya. Dari Pemerintah Kota Surabaya sendiri sering menggunakan Taman Bungkul untuk pagelaran budaya dan acara hiburan lainnya. Di sertai dengan fasilitas internet dan pemandangan yang hijau, taman ini banyak di kunjungi warga kota Surabaya. Selain itu juga banyak terdapat wisata kuliner khas Surabaya di Taman Bungkul ini.

Uraian di atas baru sebagian kecil saja yang dapat di jabarkan dari sekian banyaknya tempat wisata yang ada di Kota Surabaya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar